Home Berita menarik Peta Sebaran Virus Covid-19 di Indonesia Selalu Update

Peta Sebaran Virus Covid-19 di Indonesia Selalu Update

483
4
SHARE
Peta Sebaran Virus Covid-19 di Indonesia Selalu Update

Pertama, pemerintah pusat melalui tim Gugus Tugas yang dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), meluncurkan situs covid19.go.id kemarin (18/3). Situs itu memuat jumlah warga Indonesia dan global yang terinfeksi virus corona, sembuh, dan meninggal dunia.

Kedua, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengembangkan aplikasi pemantauan kasus virus corona. Sebelumnya, pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Barat juga membuat pikobar.jabarprov.go.id yang memuat data kasus virus corona, pasien sembuh dan meninggal dunia.

Ketiga, situs corona.jakarta.go.id yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Situs ini memuat data pemantauan warga Jakarta terkait suspect virus corona. Di dalamnya ada dua kategori data pemantauan, yakni orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Keempat, corona.jogjaprov.go.id yang dikembangkan oleh Pemprov DIY Yogyakarta. Situs ini juga menyajikan peta sebaran virus corona di wilayah tersebut. Pasien ditandai dengan warna berbeda. Merah untuk pasien positif covid-19, oranye untuk PDP, dan biru menandakan ODP.

Kelima, infocorona.bantenprov.go.id milik Pemprov Banten. Situs ini tidak hanya memerinci jumlah kasus positif covid-19, PDP, dan ODP di Banten, tetapi juga nasional. Keenam, situs infeksiemerging.kemkes.go.id atau covid19.kemkes.go.id. Situs ini dimiliki dan dipantau oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Keenam, situs infeksiemerging.kemkes.go.id atau covid19.kemkes.go.id. Situs ini dimiliki dan dipantau oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Ketujuh, layanan chat di WhatsApp dari United Nations Children's Fund (UNICEF) melalui akses nomor 08119004567. Layanan melalui chatbot ini memberikan informasi terkait covid-19, cara melindungi diri dan orang lain hingga misinformasi yang beredar. Selain itu, ada data terkini jumlah orang yang terjangkit virus corona di Indonesia.

Kedelapan, Katadata.co.id juga menyediakan platform khusus untuk mengecek data kasus terinfeksi corona di Indonesia melalui katadata.co.id/sorot/detail/26/krisis-virus-corona. Pengguna bisa melihat rincian total kasus, pasien dirawat, sembuh, dan meninggal dunia.

Kesembilan, situs John Hopkins yang dikembangkan oleh Departemen Teknik Sipil Universitas John Hopkins. Platform ini menampilkan peta penyebaran pandemi corona, dan mengandalkan informasi dari WHO, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, National Health Commission Tiongkok, Dingxiangyuan, serta situs jejaring sosial tenaga medis.

Kesepuluh, WHO membuat peta interaktif yang memuat total kasus infeksi, jumlah kematian, dan negara yang terinfeksi virus corona. Ada pula grafik jumlah kasus berdasarkan tanggal, serta data infeksi covid-19 di masing-masing provinsi.

Terakhir, Healthmap yang dikembangkan oleh Mapbox dan OpenStreetMaps. Peta ini menyuguhkan animasi penyebaran virus corona di Tiongkok dan negara lainnya.